Jumat, 28 September 2012

Tips Agar Ban awet

1.Cek Tekanan Angin
2.Menukar ban antara depan dan belakangan
 3.Perhatikan tingkat keausan
 4.Selalu pasang tutup pentil
 5.Perhitungkan beban muatan
 6.Spooring dan Balancing
sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=169&Itemid=309

Tips yang membuat mesin Kendaraan mati

1.OVERHEAT
Periksa cooling system serta volume oli mesin secara berkala. Perhatikan indikator suhu mesin saat timbul knocking, dan segera tepikan Kendaraan
2.PERIKSA OLI oli secara berkala. Jangan menganggap remeh indikator oli yang menyala, karena itu mengindikasikan bahwa pompa oli telah kehilangan tekanan
3.WATER HAMMER
&Ketahui ketinggian saluran masuk udara di mesin. Jangan sekali-sekali menstarter saat mesin mati di tengah banjir. Buka busi, kemudian start mesin untuk mengeluarkan air di ruang bakar
4.TIMING BELT
 Ganti timing belt secara berkala sesuai rekomendasi. Percepat penggantian timing belt jika frekuensi Kendaraan melewati jalan macet tinggi
. sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=184&Itemid=373

Tips Parkir Tempat Panas

1.Kaca film berkualitas Ada baiknya anda memilih kaca film dengan daya tolak panas lebih tinggi (40%-90%).
2.Hindari Jok bahan kulit Jok berbahan kulit memang berkesan lebih mewah dan nyaman. Akan tetapi kenyamanan tersebut berkurang saat tempat duduk tersebut terkena terik matahari karena sifat kulit yang menyerap panas.
3.Usahakan parkir di tempat teduh Bila memang tidak ada fasilitas parkir yang memadai seperti di dalam gedung parkir atau basement, maka harus parkir di luar ruangan.
 4.Pakailah screen sunshade Ada baiknya anda selalu membawa screen sunshade untuk melindungi Matahari yang masuk dari kaca kendaraan anda
5.Buang udara panas Bila anda mendapatkan parkir di terik Matahari, panas ruangan di dalam kendaraan anda tidak dapat dihindari lagi
sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=127&Itemid=264

Kamis, 27 September 2012

Tips Merawat Jok Bludru

1.Langkah pertama sedot kotoran kecil di sela-sela dan permukaan jok dengan penyedot Vacum cleaner. 2.Semprotkan cairan pembersih seperti busa tersebut ke permukaan yang akan dibersihkan.
3.Untuk noda membandel, harus diulangi beberapa kali hingga bersih.
 4.Setelah disikat, segera dilap permukaan yang sudah dibersihkan tersebut dengan lap bersih. Setelah seluruh permukaan sudah dibersihkan, lalu biarkan beberapa lama hingga kering dan bila perlu dijemur terik Matahari hingga kering.
 sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=128&Itemid=265

Tips Merawat Power Steering Agar Tetap Awet

1.Saat parkir Adalah paling mendasar dan kelihatan sepele, namun berdampak sangat besar jika dilakukan dalam jangka panjang.
 2.Saat berbelok atau menikung Yang kedua adalah saat berbelok/menikung diusahakan jangan menahan kemudi dalam posisi patah terlalu lama.
 3. 1. Cek Oli Lakukan pengecekan Oli dan jika sudah berubah warnanya segeralah lakukan penggantian dengan Oli yang baru. Disarankan untuk penggantian Oli PS ini sebaiknya setiap 1 tahun sekali, walaupun tidak ada keluhan akan tetapi sebaiknya diganti saja.
 4.Kaki-kaki kendaraan Antara Ball joint roda, Tie Rod & Long Tie Rod bekerja berkesinambungan dengan sistem Power Steering
sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=162&Itemid=296

Tips Aman Berkendara

1.Pilih tempat parkir yang mudah dilihat orang atau terpantau oleh petugas
2.Jangan meninggalkan struk parkir di dalam kendaraan anda.
3.Meninggalkan kendaraan di tempat parkir, pastikan semua pintu sudah terkunci dan juga jendela tertutup rapat
4.Jangan pernah membuka kaca jendela kendaraan, kecuali laju kendaraan anda cukup kencang
5.Jangan meletakkan barang-barang berharga anda di tempat terbuka (seperti di atas Dashboard, di atas jok, dll), baik pada saat parkir ataupun saat berkendara. Usahakan agar barang-barang seperti : HP, Dompet, Uang (walaupun uang receh) ditempatkan dalam tempat tertutup sehingga tidak dapat dilihat oleh orang lain dari luar kendaraan.
6.Bila anda merasa tidak aman atau merasa ada orang yang sedang membuntuti, usahakan tetap tenang, 7.Tidak ada salahnya membawa alat-alat pengaman untuk membela diri yang bisa digunakan dalam keadaan darura
sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=130&Itemid=268

Senin, 24 September 2012

Tips Agar Kanvas Kopling Awet

1.Janganlah menggunakan setengah kopling (dengan cara menginjak pedal setengah-setengah) saat macet dijalan apalagi di jalan yang menanjak dengan tujuan untuk menahan Kendaraan agar tidak mundur, atau kebiasaan terlalu lama menginjak pedal kopling juga tidak baik.
2.Gunakanlah oli yang berkualitas baik dan rajinlah mengganti oli secara berkala. Untuk Kendaraan matic disarankan mengganti oli transmisi pada setiap 5.000 kilometer
3.Untuk Kendaraan dengan transmisi manual, biasakanlah melakukan perpindahan transmisi setelah putaran (rpm) mesin sudah sedikit menurun (setelah pedal gas dilepaskan terlebih dahulu). sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=174&Itemid=308

Tips Gejala Aki Mulai Soak

1.Fisik Aki (bagian luar), jika menggembung tanda adanya elemen sel yang rusak karena air aki habis atau sudah akan habis usia pakainya
 2.Mesin terasa pincang atau ndut-ndutan (terutama untuk mesin injeksi) seperti kerusakan pada pengapian 3. Listrik hilang Mesin tidak bisa dihidupkan, apalagi jika Kendaraan sudah menginap lebih dari satu hari. 4.indikator Aki Ada beberapa Aki yang memiliki Indikator
 http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2726322281082511104#editor/target=post;postID=564444343789787524

Tips Melepas Stiker Kendaraan

1. membasahi di sekitarnya menggunakan air sabun agar tidak cepat kering, ada baiknya dilakukan di tempat yang teduh
 2. gunakan silet atau pisau cutter yang tajam untuk mengikisnya
3.Posisikan permukaan tajamnya menempel dengan kaca dengan posisi miring
4.Bila sudah mengering basahi kembali, begitu seterusnya.
 Awas... ! Teknik seperti ini tidak dibenarkan bila stiker menempel pada bodi Kendaraan, karena tentu akan menggores cat
 sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=152&Itemid=283

Tips Memilih Pewangi Mobil

1.Pilih pewangi yang alami, beraroma terapi seperti : kopi, teh, daun pandan, atau pengharum jenis kayu-kayuan.
 2.Pengharum jenis spray atau liquid (kemasan botol) lebih baik dijadikan alternatif pilihan. Untuk pengharum jenis botol liquid, sebaiknya dipakai pada saat Anda hendak menggunakan kendaraan saja dan juga aman ditaruh di dashboard dekat AC.
3.Pakailah pengharum kendaraan seperlunya saja, jangan berlebihan
4.Buka seluruh pintu dan jendela kendaraan kurang lebih selama lima menit, terutama pada saat sebelum dan sesudah anda menggunakan kendaraan
5.engharum jenis spray cukup disemprotkan di sekitar ruang bawah dan sudut-sudut kendaraan
6.Jangan pilih jenis pengharum yang terbuat dari gel atau bersifat padat.
 sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=133&Itemid=271

Tips menguras dan mengganti Air Radiator sendiri

1.Buka tutup sumbat radiator (letaknya di bodi radiator bagian paling bawah), lalu buka tutup radiator dan biarkan air radiator lama mengalir keluar sampai habis bersama dengan kerak atau kotoran radiator. 2.Setelah semua air keluar, tutup kembali sumbat radiator tersebut dan mulailah menuangkan air dari lubang pengisian radiator diatas sampai penuh
3.Setelah pengisian air sudah penuh, tutup kembali lubang pengisian radiator rapat-rapat.
4.angan lupa periksa juga volume air di tangki cadangan air radiator, kuras juga jika terlihat telah kotor. 5.Hidupkan mesin dengan posisi AC off
6.Setelah mesin kembali dingin buka kembali penutup radiator, lalu periksa kembali apakah volume air masih tampak penuh
7.Tutup kembali tutup radiator rapat-rapat dan ulangi lagi untuk menghidupkan mesin seperti langkah tadi agar sirkulasi air berputar kembali
. sumber:http://www.tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=171&Itemid=312

Tips Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri

1.Saat Qt mempersiapkan peralatan untuk mengganti oli mesin, biarkan mesin mobil menyala selama kurang lebih 10 detik, sebelum mulai mengganti oli.
 2.Letakkan dongkrak di atas permukaan yang keras dan sekiranya mampu menopang body mobil. 3.Dongkraklah bagian depan mobil dengan hati-hati
4.Lihatlah pada buku manual, dimana letak katup untuk membuang oli. Biasanya itu terletak di bagian depan-tengah-bawah dari mobil.
5.Pastikan mangkuk penampung oli bekas berada di bawah katup pembuang oli, sebelum membuka katup tersebut
6.Biarkan oli keluar hingga benar-benar habis, sementara bersihkan katup pembuangan oli tersebut, serta bukalah katup untuk memasukkan oli yang baru.
7.Gantilah oli filter yang lama dengan yang baru
8.Setelah filter baru terpasang, bukalah tutup oli mesin, masukkan corong dan tuangkan oli mesin yang baru, sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan pada buku panduan
9.Hidupkan mobil dan biarkan mesin menyala beberapa saat.
10.Perhatikan tanggal penggantian oli tersebut dan jarak tempuh mobil Anda. Oli sebaiknya diganti tiap 3000 km, atau tiap tiga bulan sekali, sumber:http://kandangtips.blogspot.com/2010/07/tips-mudah-mengganti-oli-mobil-sendiri.html

Cara Mencuci Mobil Putih Sendiri

1.Gunakan sampo ber-pH seimbang dan berbusa sedikit.
2.Hindari produk berbahan silicon. Karena dapat merusak pigmen cat dan membuat mobil tampak lebih kusam.
3.Jangan mencuci mobil dalam kondisi panas atau di bawah terik sinar matahari. Hal ini untuk menghindari pengikisan lapisan cat lebih cepat, serta dapat menimbulkan bercak putih.
4.Bersihkan body mobil dari debu dan kotoran dengan menggunakan lap bersih dulu sebelum disiram air. 5.Jika mobil terkena lumpur, bersihkan segera.
 6.Usai mobil kesayangan terguyur air hujan, siram langsung seluruh bagian luar mobil dengan menggunakan air bersih.
 sumber:http://preventionindonesia.com/article.php?name=/membuat-si-putih-tetap-berkilau&channel=health%2Fhealthy_home

Minggu, 23 September 2012

Tips Merawat Mobil Bekas

1. Periksalah kondisi mesin secara keseluruhan terutama bagian sistem pengapiannya.
2. Perhatikan kabel-kabel penghantar listrik yang seiring berjalannya waktu akan menjadi getas, sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan.
 3. Gantilah ring piston yang lemah dengan melakukan skir klep. Hal ini berguna untuk menghaluskan klep yang sudah berkerak hingga bensin dapat mengalir dengan lancar
4. Periksalah bagian kaki-kaki mobil.
 5. Lindungi warna mobil dengan car cover.
 6. Lakukan perawatan keseluruhan mobil secara berkala.
 sumber:http://barangbekasbali.com/tips-merawat-mobil-bekas/

Membersihkan Noda Jok Mobil

1. Bersihkan jok denga mesin penyedot debu.
2. Seprotkan deterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
 5. Semprotkan pengharum mobil.
 6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.
 sumber:http://forum.dudung.net/index.php?topic=3266.0

Perawatan Kolong Mobil

1.Bagian kolong mobil dapat diberi pelindung untuk menutup, pelindung deker dapat terbuat dari plat maupun akrilik
2.Periksalah knalpot dari bagian head sampai ujungnya, perhatikan bagian sambungan pipa dan tabung knalpotnya.
 3.Periksa dan lihat kondisi dek (lantai bawah) dari keadaan karat dan lubang karena hal ini akan membahayakan keadaan Anda dan penumpang dalam mobil karena gas CO2 dapat mudah masuk ke kabin. 4.Periksalah kondisi saluran pembuangan air serta karet pada sepanjang bodi, apabila terjadi kerusakkan akan menyebabkan air dapat merembes ke dalam kabin
 5.Periksakan gardan dan tutup oli untuk mencegah kelonggaran akibat benturan.
 6.Periksa crossmember karena komponen ini sering terkena tetesan air radiator dan akan menyebabkan karat, apabila keropos sebaiknya diganti.
 7.Periksa as kopel dan cross joint, termasuk per (daun dan keong) dan ikatan antar per harus kuat, dan beri pelumas agar tidak berbunyi
 8.Periksa juga dudukan shockbreaker, mur dan bautnya. Kencangkan baut dan mur agar tidak bergeser dan menimbulkan ketidaknyamanan serta kerusakkan yang lebih lanjut
sumber:google

Tips Merawat Mesin Mobil Anda

1.Anda mengganti oli mobil setiap 3.000 sampai 5.000 mil
2.Periksa ban setiap bulan
3.Periksa semua tingkat cairan.
4.Periksa knalpot mobil ketika sedang berjalan untuk memastikan bahwa ia memiliki aliran udara yang baik melalui itu. Jika knalpot terpasang, pastikan Anda menggantinya segera.
 5.Bersihkan posting baterai dan kabel bila perlu dan menganalisis titik koneksi untuk korosi.
6.Periksa sabuk mesin untuk setiap Knicks. Pastikan sabuk berjalan pada jalur yang benar. Anda tidak ingin mengganti sabuk atau bahkan lebih buruk lagi, pompa air saat Anda sedang duduk di sisi jalan. sumber:http://www.tdwclub.com/f56/10-tips-merawat-mesin-mobil-anda-622/

Jumat, 21 September 2012

Perawaan Flafon Mobil

1.Membersikan Debu dengan Vacum Clener
2.Parkir Ditempat Teduh Hindarkan memarkir kendaraan yang berada dibawah terik sinar matahari
3.Jangan memaksakan membawa barang yang melebihi kapasitas kabin hingga menekan plafon, selain itu kebiasaan merokok didalam mobil juga perlu dihindari
 4.Membersihkan dengan Cairan Khusus
sumber:http://kerockan.blogspot.com/2011/05/tips-perawatan-plafon-mobil.html

Perawatan Cat Mobil Agar Prima

1. Mengeringkan kendaraan dengan menggunakan kain lap setelah terkena hujan agar tidak meninggalkan noda pada cat dan membuatnya lebih cepat terlihat kusam.
 2. Jamur yang sudah muncul di body sebaiknya segera hilangkan dengan menggunakan cairan khusus, kompon, atau segera mendatangi salon mobil
3.Mencuci secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan debu gunakan shampo.
4.. Untuk perawatan sehari-hari, bersihkan bodi kendaraan dengan kemoceng yang berbulu halus untuk membersihkan debu-debu.
 5. Jika terpaksa memarkir di luar runagan, gunakan sarung mobil untuk melindungi cat dari terpaan sinar matahari, hujan,debu dan kotoran (mew)
 sumber:http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/05/04/perawatan-cat-mobil-agar-prima/

Kamis, 20 September 2012

Tips Merawat Ban Mobil

1.Perhatikan ukuran ban.
 2.Baca buku panduan yang menjelaskan tentang ukuran tekanan angin ban yang diperlukan
3.Periksa dua atau tiga hari sekali, apakah tekanan angin masih sesuai dengan kebutuhan.
 4.Berat pengendara dan pembonceng juga sangat berpengaruh pada ukuran ban.
 5.Jangan memaksakan untuk tetap berjalan jika ban kekurangan angin
 6.Pastikan bahwa ban yang digunakan adalah tidak kedaluwarsa
 7.Perhatikan permukaan ban dengan teliti. Karena permukaan ban yang sudah halus akan membahayakan jiwa saat berkendara
 sumber:http://www.beragaminfo.com/2012/05/tips-merawat-ban-agar-awet.html

Cara Mencuci Mobil Yang Benar

1. Sebelum mobil diguyur dengan air, bersihkan dulu dengan bulu ayam / kemoceng walaupun tidak berdebu, karena partikel debu dapat menyebabkan gores pada bodi mobil. 2. Lakukan pekerjaan mencuci mobil pada jam-jam dibawah jam 8 pagi atau di atas jam 5 sore untuk menghindari terik sinar matahari. Ingat ! Mobil dalam keadaan basah jangan sampai kena sinar matahari, karena titik-titik air tersebut bersifat seperti kaca pembesar yang dapat merusak/membakar cat mobil. 3.Apabila terpaksa mencuci mobil di malam hari, lap-lah mobil sampai benar-benar kering, kemudian seluruh pintu mobil dibuka kemudian ditutup dengan agak keras berulang-ulang agar air yang masih berada di celah-celah dapat turun dan tidak mengendap di mobil yang dapat mengakibatkan karat. 4.Gunakan shampoo khusus mobil untuk menghilangkan minyak dari sisa pembakaran kendaraan lain yang mengandung minyak. Karena pada saat mobil berada di jalan ada banyak asap kendaraan dari kendaraan lain seperti solar, motor 2 tak, dll. 5.Apabila tidak ada shampoo khusus mobil, gunakan shampoo rambut yang tidak mengandung detergen, caranya tuangkan shampoo rambut tsb keatas spons khusus mobil. sumber:http://www.oto.co.id/infootomotif/Tips_detail.asp?ContentID=OTO2307052002731-112587

Berkendara Aman Tanpa Tangan Jail

1.Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil sat keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang bisa terlihat dari luar mobil.
 2.Jangan menggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah.
 3.jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda
 sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Tips Menghadapi Over Heat

Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
 2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
 3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac. sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Tips Merawat Pintu Mobil

1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan ‘power window’ copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap
. 4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
 5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk
6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
 7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam
8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas
9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali
 sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Cara Sederhana Merawat Lampu Mobil Buram

1.Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas batok lampu mobil dan dudukannya. Siapkan bahan-bahan, seperti air secukupnya, bubuk sabun deterjen kira-kira 2 sdm
2.Masukan pasir halus ke dalam batok lampu melalui lobang bolam, sedikit demi sedikit. Lanjutkan dengan memasukkan bubuk diterjen dan terkhir air
3.Setelah terlihat bersih, masukan air dari slang dengan tekanan yang dirasa cukup untuk mengeluarkan deterjen dan pasir. Pastikan batok lampu benar-benar bersih dari pasir dan deterjen, kemudian keringkan. Agar kaca tidak mengembun, setelah pemasangan, disarankan untuk melakukan pembersihan kaca lampu yang sebaiknya dilakukan siang hari.
sumber:http://www.pc3news.com/index.php?cat=news&id=956&sub=5&view=news

Selasa, 18 September 2012

Tips Merawat Interior Mobil

1. Peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan interior mobil yaitu kemoceng yang lembut, busa halus, air hangat, lap bersih, produk treatment protection yang dapat dibeli di salon mobil atau supermarket, serta kuas kecil.
 2. Bersihkan debu yang terdapat pada permukaan dasbor dan konsol dengan kemoceng.
3. Gunakan lap yang telah dicelupkan ke air hangat untuk mengelap seluruh permukaan dasbor dan konsol. Ganti dengan air hangat yang baru apabila air sudah keruh. Lakukan hingga bersih dan merata ke seluruh permukaan dasbor dan konsol
4. Gunakan treatment protection untuk menjaga kelembapan dasbor dan konsol.
5. Bersihkan debu di bagian-bagian yang susah dijangkau seperti blower AC, lipatan-lipatan di pojok dasbor, dan lain-lain dengan kuas kecil.
 6. Setelah semuanya bersih, letakkan pengharum mobil sesuai selera.
 Sumber: www.gardaakses.com

Merawat Mobil Hitam

1. Siram dengan air bersih dan lap hingga kering ketika mobil diguyur hujan.
 2. Cuci mobil secara berkala dengan sabun mobil yang lembut.
3. Lakukan polishing setelah proses pencucian untuk mengikis kotaran atau jamur.
 4. Lakukan waxing dengan lembut pada mobil setelah proses polishing agar menjaga keawetan cat.
5. Hindari sinar matahari langsung karena sinar matahari bisa membuat warna kusam. sumber:http://mirrorforest.blogspot.com/2012/05/perawatan-mobil-hitam-lebih-sulit.html

Agar mobil anda selalu dalam kondisi prima

1.Periksa bagian bawah mesin. Jika tidak tidak ada pelindung sebaiknya pasang deker dari pelat atau akrilik 2.eriksa knalpot dari header sampai ujung.
3.Amati lantai atau dek bawah, jika karat atau berlubang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gas CO2 masuk ke kabin.
4.Periksa saluran pembuangan air dan karet sepanjang bodi
5.Amati gardan dan tutup olinya yang seringkali longgar akibat benturan.
6.Periksa cross member dari karat atau keropos. Karena bagian ini sering kena tetesan air radiator. Ganti bila ternyata telah keropos.
7.Periksa as kopel dan cross joint
8.Periksa pegas-pegas atau per.
9.Periksa pula setiap dudukan sockbreker
sumber:http://www.oto.co.id/infootomotif/Tips_detail.asp?ContentID=OTO23070520001128-467662

Cara Membersikan Kaca Mobil Dari Jamur

1. Siapkan cairan pembersih jamur yang banyak dijual di toko aksesori kendaraan atau supermarket besar di kota Anda.
2. Cuci kaca mobil dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.
3. Lumuri kaca secara rata dengan cairan pembersih jamur.
 4. Gosok dengan kain kering bersih dan halus dengan arah memutar.
5. Lap lagi dengan kanebo basah sampai cairan penghilang jamur tidak tersisa di kaca, lalu keringkan kaca dengan kanebo.
6. lakukanlah sampai 2 atau 3 kali untuk jamur yang membandel.
 sumber:http://blog.indometalgoth.com/2011/02/cara-membersihkan-kaca-mobil-dari-jamur.html

Beberapa hal yang sebaiknya diingat di musim hujan adalah

1. Selalu bersihkan kaca setelah terkena hujan (gunakan produk wiper fluid yang dibuat khusus untuk mobil supaya menghindari endapan deterjen dan water spot di kaca depan mobil).
2. Cuci mobil dalam 24 jam setelah terkena hujan.
3. Apabila tidak sempat cuci, buka kap mesin dan bagasi kendaraan agar air tidak cepat kering dan mudah mengalir turun.
 4. Cucilah dengan steam (air bertekanan) seminggu sekali untuk membersihkan sisa kotoran di bagian2 yang sulit dijangkau.
 5. Pastikan anti karat Anda (bila ada) telah di cek ulang ketahanannya
 sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Senin, 10 September 2012

Tips Dasar Merawat Mobil

1.Ban
Ganti ban Anda setiap 5-8 ribu kilometer
 2.Mesin
 Ganti sabuk mesin Anda tiap 25 ribu mil
 3.Bahan bakar
Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu menjamin kekuatan mesin.
 4.Elektrikal
Bila Anda ingin memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan sistem elektrik, putuskan dulu aliran aki. 5.Lampu  Bila salah satu lampu sen Anda berkedip lebih cepat dari seharusnya
6.Warning Lights
 Meski terlihat sepele, warning lights yang ada di da6shboard harus terawat. sumber:http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/19940-tips_dasar_merawat_mobil

Merawat Mobil Baru

1.Pada saat pertama pembelian mobil baru, biasanya diberitahukan kecepatan maksimum dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Lebih baik ikuti ajuran tersebut agar mesin dan ban tidak cepat aus.
2.Hindari jalan yang rusak baik itu lubang maupun batu karena jalan yang tidak bersahabat sangat cepat merusak ban mobil.
3.Jangan menganggurkan mobil terlalu lama karena dapat membuat residu bahan bakar lengket di dinding silinder yang dapat menyebabkan kerusakan mesin dan komsumsi bahan bakar meningkat.
 4.Bersihkan eksterior mobil satu minggu sekali
5.Jangan lupa membersihkan interior mobil dengan lap basah, sikat halus dan penyedot debu. Khusus untuk jok, gunakan konditioner yang cocok dengan jenis kulit sebulan sekali.
 6.Jangan biarkan mobil kehabisan bensin / solar. Isilah sebelum bensin / solar mobil habis. Ini merupakan perawatan mobil paling dasar.
7.Cek secara rutin mesin mobil yang lain seperti aki, tempat penyimpanan air wiper dan lainnya. Pastinya semuanya berkerja dengan baik.
8.Isi ban segera dengan angin bila merasa tekanan angin dalam ban sudah berkurang. Namun juga jangan berlebihan mengisi anginnya.
 9.Lindungi jok mobil dengan pelindung yang tidak akan merusak warna serta mengores kulit jok mobil. sumber:http://forum.viva.co.id/mobil/353349-10-cara-perawatan-mobil-baru.html

Tips Cara Ganti Ban Bocor

1.Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan diataranya ban serep, dongkrak, kunci ban, pipa perpanjangan. 2.Nyalakan lampu hazard (lampu tanda belok /sein yang menyala dua) sebagai tanda sedang berhenti dan juga tarik rem tangan agar waktu kita membuka mur ban mobil bergerak
3.Buka mur ban menggunakan kunci ban, jika tidak kuat dapat ditambahkan dengan pipa perpanjangan, 4.Dongkrak mobil kita dengan menggunakan dongkrak
5.Setelah selesai kita lepas mur dan roda lalu kita ganti dengan ban serep yang sudah kita siapkan
6.Setelah ban terpasang dengan benar, kita turunkan dongkrak sampai ban menyentuh tanah, setelah itu kita kencangkan mur ban menggunakan kunci ban
 sumber:http://mustangautorent.com/index.php/auto-news/250-tips-cara-ganti-ban-mobil-yang-bocor

Sabtu, 08 September 2012

Cara Merawat Mika Lampu

1.siapakan peralatan seperti dryer (pengering rambut), kape, ampelas grade 1.500, cairan pembersih, kompon, wax, mesin poles, obeng kembang, dan tang.
2.Lepas baut pengikat rumah lampu (pakai obeng kembang). Kemudian buka rumah lampu dibarengi dryer agar lapisan lem atau sealernya melunak dan bisa dibantu dengan dicungkil pakai kape.
3.Setelah terlepas, bersihkan reflektor dengan cairan pembersih atau air sabun untuk melenyapkan debu atau jamur
4.Gilaran mika lampu dibersihkan dengan air dan sabun. Untuk menghilangkan ‘daki’ gunakan sikat
5.Bekas ampelas di sambungan atau sela-sela tadi diberi kompon, kemudian mika lampu dipoles dengan wax supaya bening.
 6.Sambungkan kembali reflektor pada rumah lampu berikut mika lampu yang sebelumnya dipanaskan dulu sumber:http://hyundaijakarta.com/tag/tips-cara-merawat-mika-lampu-mobil/

Jumat, 07 September 2012

Tips Merawat Wiper

WIPER (penghapus curah air di kaca mobil) menjadi komponen amat penting bagi kegiatan mengemudi di musim hujan. Menjadi persoalan bila rangkaian komponen tersebut tiba-tiba ngadat, bergerak tak lancar, atau malah sama sekali tak mau bergerak. Demi tercapainya kenyamanan mengemudi, khususnya karena fungsi wiper yang optimal, luangkan waku untuk memeriksa kerja rangkaian, mulai dengan mengaktifkan wiper dengan menguyurkan air sebelumnya, hingga mengamati optimasi kerja motor listrik dan tingkat kekenyalan karet penghapusnya. sumber:http://forum.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?497-Tips-Merawat-Wiper

Cara Mudah Merawat Kaca Spion Mobil

1. Tekuklah kaca spion untuk menghindari dari kendaraan yang lewat atau tangan-tangan jahil.
 2. Dikarenakan menggunakan kaca “cembung” maka Objek yang terlihat pada kaca spion selalu tampak lebih dekat dari objek aslinya. Ini dilakukan untuk menambah fungsi faktor keselamatan anda dalam berkendara.
3. Bila hendak turun, maka gunakan spion untuk mengetahui lingkungan sekitar.
4. Perhatikan letak dan posisi sudut kaca spion untuk memudahkan dalam memantau kendaraan sendiri dan sekitar.
5. Jika memakai spion elektrik, lumasi bagian motorize agar terhindar dari karat.
Sumber: 150 Tips Terpenting Perawatan Mobil (Tahta TN)

Mencegah Karat di Knalpot

cara memasukan beberapa tetes oli kedalam lubang knalpot tersebut. hal ini untuk mencegah karat pada bagian dalam knalpot, pada bagian knalpot yang sudah berkarat, segera bersihkan bagian yang berkarat dengan menggunakan ampelas halus atau sikat kawat untuk menghilangkan karat tersebu

Kamis, 06 September 2012

Perawatan Pintu Mobil

1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan ‘power window’ copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
 7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
 8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas. 9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

Perlu ya paint protection di mobil

Paint Protection adalah lapisan pelindung cat yang
 - mampu menahan masuknya kontaminasi yang membahayakan ke dalam cat
- mampu memberi kilap yang sebaiknya melebihi kilap standar cat mobil
- berharga relatif murah dibandingkan dengan biaya cat
- mudah dan beresiko rendah untuk di-aplikasi-kan
- mudah dibersihkan, dibuang dan tidak membahayakan cat mobil
sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Selasa, 04 September 2012

Home » Otomotif » TIPS TRIK » TIPS MERAWAT,MEMBERSIHKAN DAN MEMPERBAIKI MOBIL TIPS MERAWAT,MEMBERSIHKAN DAN MEMPERBAIKI MOBIL Posted by Armhando Togatorov On 0 komentar TIPS MERAWAT MOBIL | TIPS MEMBERSIHKAN MOBIL | TIPS MEMPERBAIKI MOBIL Memiliki kendaraan di kota besar seperti Surabaya memang harus rajin-rajin merawatnya. Selain harus menahan deraan sinar Ultra Violet dari matahari, hujan asam, debu dan kotoran alami, sisa gas buang kendaraan dan deterjen juga dapat merusak cat kendaraan hingga tidak dapat lagi diperbaiki. Perawatan yang baik dan tepat dapat bertahan hingga belasan tahun dan melampaui batas 300 ribu kilometer tanpa perlu mengecat ulang. Mobil yang terawat juga akan jauh lebih sedap dipandang, lebih membanggakan untuk dikemudikan dan meningkatkan nilai jual kendaraan hingga 20% menurut survey market. Pencucian yang benar Kontaminasi alami seperti kotoran burung, tetesan air AC, air lumpur, getah pohon dan bangkai serangga dapat meninggalkan bekas permanen pada cat jika tidak segera dicuci. Tak hanya itu, kadar air PAM yang mengandung terlalu banyak kaporit, air hujan dengan tingkat keasaman tinggi, penggunaan air tanah untuk mencuci kendaraan atau cara pencucian yang salah juga memicu kerusakan permanen pada cat kendaraan. Cara mencuci yang benar dapat membantu Anda menjaga kondisi cat kendaraan dan menghemat biaya perawatan (reconditioning) dari resiko pengecatan ulang (repainting). Waktu pencucian Sebelum pukul 8 pagi atau setelah pukul 5 sore adalah saat yang paling baik untuk mencuci. Pada saat inilah matahari tidak akan mengganggu proses cuci. Karena sinar matahari yang mengenai titik air dalam masa pencucian justru makin merusak cat dan menimbulkan jamur / kerak air. Gunakan shampo Penggunaan shampo yang benar sangat besar pengaruhnya untuk kondisi cat dalam jangka panjang. Gunakan shampo mobil ber-pH Balanced. Ciri khas shampo ber-pH Balanced adalah tidak mengandung deterjen. Penggunaan deterjen sebagai shampo mobil sangat merusak. Shampo yang ber-pH terlalu rendah (kurang dari 6) bersifat asam dan mudah mengkorosi cat. Shampo yang ber-pH tinggi (lebih dari 8) bersifat basa dan akan mengakibatkan detergent film (detergent built-up) yang menyebabkan cat menjadi kusam dan pudar warnanya. Urutan pencucian Sebelum mulai mencuci dengan air, ada baiknya bila kendaraan dibersihkan dahulu dengan kemoceng berbulu halus (bulu domba / wool duster) agar partikel debu tidak dapat menggores permukaan mobil. Jangan gunakan air timba untuk mencuci kain lap maupun untuk membilas mobil. Air PAM mengalir memperkecil adanya kemungkinan kotoran yang menempel pada kain lap dan menimbulkan baret. Selalu gunakan air PAM mengalir dengan nozzle (garden hose) untuk menyiram mobil atau membersihkan kain lap. Selain untuk penyaringan, nozzle juga memberi tekanan pada air sehingga kotoran lebih mudah turun. Setelah penyiraman pertama selama kurang lebih 2 menit, ulangi lagi penyiraman dengan menggunakan kain plas chamois (kanebo) bersih untuk menyertainya dalam gerakan satu arah. Kemudian bersihkan dengan shampo dan bilaslah dengan air. Keringkan mobil dengan kain plas chamois hingga kering. Untuk sisa noda air, gunakan kain berbahan micro fiber yang tidak menimbulkan baret di cat untuk mengeringkan mobil sampai benar-benar kering. Glassing (Waxing) Walaupun istilah umum yang dikenal masyarakat adalah waxing, hasil riset terakhir membuktikan bahwa wax yang mudah meleleh pada suhu tropis Indonesia justru mempermudah kotoran untuk menempel pada cat kendaraan. Wax bukanlah solusi perlindungan yang terbaik untuk lapisan cat. Saat ini sudah ada beberapa bahan di pasaran yang bahan dasarnya lebih tahan terhadap panas dan pencucian berulang kali. Cara pengaplikasian Glassing pada umumnya ialah dengan mengelapkan-nya ke body mobil dan kemudian dengan menggunakan kain bersih menggosoknya dalam gerakan melingkar. Selain dapat melindungi cat dari bahan2 kimia dan polusi, Glassing juga mampu mengkilapkan kembali cat kendaraan untuk sementara. Untuk perawatan yang lebih baik, penggunaan Paint Protection dengan bahan yang lebih keras daripada cat dapat membantu banyak. PPS dengan Teflon tidak hanya memberi kilap “showroom” hingga 5 tahun, tapi juga melindunginya dari polutan, zat kimia dan sinar Ultra Violet. Interior cleaning Kebersihan interior sangat penting dalam berkendara. Interior yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan membuat bau tidak sedap dalam mobil. Yang paling sering terjadi adalah noda pada jok. Untuk jok kain, gunakan mesin vacuum cleaner kemudian baru menggunakan sikat dan sabun bayi untuk menggosok noda pelan2 hingga lenyap. Untuk jok dari kulit, gunakan obat leather cleaner atau yang dapat di-substitusi-kan dengan sabun bayi padat yang dicampur air hangat dan ditumbuk. Gunakan sikat yang halus dan gosoklah hati2 hingga noda lenyap. Untuk karpet, ukur tingkat kelembabannya secara berkala. Untuk karpet yang lembab, sebaiknya dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Untuk karpet berbahan wool, apabila lembab, segeralah jemur hingga kering sebab akan mudah menyimpan bakteri. Yang terakhir adalah noda di langit2. Noda ini pada umumnya adalah efek dari debu dan noda yang tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus untuk mengangkat noda ini dan kemudian di lap dengan kain bersih. Jangan lupa pembersihan dashboard dan setir. PPS Autoshine juga memberi bonus interior cleaning dan engine cleaning dengan paket paint protectionnya. PPS juga memiliki Vynil & Leather Protectant untuk melindungi jok kulit kendaraan dari matahari agar tetap lentur dan tidak mudah menyerap noda. Pengecekan wiper Setelah selesai dengan pembersihan kendaraan, ada baiknya juga bila wiper diperiksa sekalian. Wiper atau karet pembersih kaca yang sudah mengeras selain meninggalkan noda air di kaca yang berakibat jamur air, juga dapat menggores permukaan kaca yang tidak dapat diperbaiki tanpa mengganti dengan kaca baru. Musim hujan Beberapa hal yang sebaiknya diingat di musim hujan adalah

1. Selalu bersihkan kaca setelah terkena hujan (gunakan produk wiper fluid yang dibuat khusus untuk mobil supaya menghindari endapan deterjen dan water spot di kaca depan mobil).
2. Cuci mobil dalam 24 jam setelah terkena hujan.
3. Apabila tidak sempat cuci, buka kap mesin dan bagasi kendaraan agar air tidak cepat kering dan mudah mengalir turun.
 4. Cucilah dengan steam (air bertekanan) seminggu sekali untuk membersihkan sisa kotoran di bagian2 yang sulit dijangkau.
5. Pastikan anti karat Anda (bila ada) telah di cek ulang ketahanannya.
 sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Senin, 03 September 2012

Membersihkan Noda Jok Mobil

1. Bersihkan jok denga mesin penyedot debu.
2. Seprotkan deterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
 4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
5. Semprotkan pengharum mobil
6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.
sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Tips Mengatasi Mobil Mogok

1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol, masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor. Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langgana supaya mobil Anda bisa diderek dan
sumber:http://www.armhando.com/2012/04/tips-merawatmembersihkan-dan.html

Mencuci kap mesin dengan benar

1.Siram kap mesin dengan air secara merata. Biarkan dulu airnya mengalir turun agar noda halus seperti debu ikut turun
2.Seraya menyiram, lap kap mesin dengan kain chamois. Saat mengelap dilakukan searah dari belakang ke depan untuk mempermudah proses pembersihan
3. Segera keringkan dengan lap chamois
4.kap mesin juga butuh pelindung berupa pelembab. Untuk ini bisa dipakai wax.
 5.Setelah itu wax diseka dengan kain mikrofiber dengan gerakan bolak-balik. Proses waxing sederhana ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali
sumber:http://www.autobildindonesia.com/read/2010/12/21/959/16/0000-00-00/Merawat-Kap-Mesin

Tips Agar Kaca Tidak Buram

1.Jangan menggunakan atau menggerakkan wiper untuk membersihkan kaca mobil dalam keadaan permukaan kaca kering
2.Dalam keadaan musim hujan, gunakan wiper seperlunya atau sesuaikan kecepatannya dengan intensitas air hujan yang turun
3.Gantilah segera karet wiper yang telah rusak, tandanya adalah karet yang sudah tidak lentur,
4.Jangan membiarkan air atau kotoran terlalu lama menempel di kaca
5.Gunakanlah wiper fluid atau cairan wiper yang memang khusus untuk digunakan sebagai cairan wiper sumber:http://dzulf.blogspot.com/2012/03/tips-merawat-kaca-mobil-agar-tidak.html

Minggu, 02 September 2012

Komponen Vital Di Mobil Saat Menerjang Banjir

1.Water Hammer Air masuk ke dalam ruang bakar saat mesin bekerja. Akibatnya, piston yang mengompres udara dan bahan bakar tercampur air
2.Rem berkarat Kampas dan piringan rem mudah berkarat dalam kondisi lembab.
3.Oli tercampur air Kala menerjang banjir, air berusaha masuk melalui celah-celah.
4.Kopling Menempel Untuk mobil bertransmisi manual, setelah menghajar banjir jangan langsung parkir. 5.Alternator korslet Fungsinya mengubah putaran mesin menjadi arus listrik.
 sumber:http://metroaktual.com/artikel/komponen-vital-di-mobil-saat-menerjang-banjir.html

Mendekteksikan Kelistrikan Pada Mobil Bekas

1.Periksa ruang mesin bila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi. Ada kemungkinan, hal ini bermasalah.
2.Perhatikan terminal positif (+) aki. Jika banyak kabel, hal itu mengindikasikan banyak aksesori tambahan yang membutuhkan listrik dan kemungkinan diambil dengan model bypass.
3.Teliti komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu, AC, dan power window. Jika semuanya bekerja dengan baik, berarti kelistrikan masih bagus.
4.Uji ketika kondisi beban penuh, seperti menyalakan AC diikuti dengan menyalakan lampu-lampu, audio, dan lainnya; kemudian naikan putaran mesin.
5.Kalau masih penasaran, lakukanlah hal ini. Periksa tegangan aki saat mesin tidak hidup.
6.Untuk memeriksa alternator, hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan, seperti lampu besar, audio, AC, dan pemanas kaca
7.Periksa tegangan pada beberapa titik yang menjadi aliran listrik positif, seperti koil, lampu-lampu, pemantik api, dan komponen lainnya
sumber:http://metroaktual.com/artikel/mendeteksi-kelistrikan-pada-mobil-bekas.html

Tips Merawat Ban Serep

1.Periksa Tekanan Angin Sebulan sekali
2.Cek Kode Produksi Ban
3.Rotasi Ban dan Balancing
4.Periksa kondisi Tapak Ban
5.Saat mencuci MobilTurunkan Ban serep lalu cuci
http://tips-otoqita.blogspot.com/2012/07/ban-serep-mobil.html

Tips Merawat Velg

1. Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air.
2.Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg. 3.Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan sampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom
4.SourcUntuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi.
5.ika terdapat "emas hitam" (aspal), maka noda ini biasanya tidak mempan jika dihilangkan hanya dengan sampo
6.Keringkan velg dengan lap chamois.
Source Tips Merawat Velg Mobil http://fathur-net.blogspot.com/2011/01/tips-merawat

Sabtu, 01 September 2012

Membersihkan Jamur dari Kaca Mobil

1.membasuh bagian permukaan kaca yang terkena noda/kotoran dengan air bersih
2.gunakan lap yang tidak berserat sebab permukaan kasar pada lap berserat bisa membuat kaca Anda yang tadinya mulus jadi tergores dan meninggalkan bekas
 3.Berikan sabun (biasanya sabun cair yang telah dicampur dengan air) ke permukaan kaca,
4.kemudian lap sampai busa merata.Untuk membilasnya, siram air ke permukaan kemudian disusul oleh pengeringan dengan menggunakan lap.
sumber:http://forum.dudung.net/index.php?topic=3266.0

Tips Mengatasi Kotoran di dalam Ac

1. Siapkan obeng kembang (+), lalu buka pilar penutup utama kanan dan kiri yang biasanya berwarna senada dengan interior.
2. Buka penutup AC kanan dan kiri dengan obeng. Lalu lepas penutup sakelar AC dengan membuka 2 buah sekrup. Kemudian lepas 8 sekrup pemegang dan 4 penutup saluran masuk serta saluran buang blower.
 3. Buka 13 sekrup tutup blower bagian bawah, lakukan hal ini dengan teliti dan jangan dipaksa saat mencabutnya.
 4. Periksa dan bersihkan tutup itu dengan lap kering. Amati slang yang terjepit, melintir atau lepas, lalu perbaiki posisinya hingga tak lagi terjadi gangguan.
 5. Pastikan kompresor ujung slang bersih dari kotoran. Kemuaidna rangkai kembali semua komponen dengan teliti.
 http://forum.dudung.net/index.php?topic=3266.0

Merawat Rem Cakram

Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya. Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah perawatan yang teratur. sumber:http://forum.dudung.net/index.php?topic=3266.0

Tips Memperbaiki Mobil Bekas

1.membersihkan bagian body mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel
2.Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi
3.Gunakan bubuk yang biasa digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca mobil untuk mendapat hasil sempurna
4.Gunakan sabun atau pembersih khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir sumber:http://forum.dudung.net/index.php?topic=3266.0