Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips Mendahului Mobil di Depan

1. Pastikan jalan didepan cukup luas untuk melakukan manuver dan pastikan ada ruang yang cukup untuk kendaraan Anda didepan kendaraan yang akan didahului.
2. Gunakan kecepatan pada torsi maksimum sekitar 3000 - 3500 RPM dan penggunaan porseneling disesuaikan pada torsi tersebut dalam kondisi kecepatan saat itu
3. Jangan panik atau gugup saat mendahului dan usahakan beri ruang cukup disamping kanan kendaraan Anda apabila sewaktu-waktu ada kendaraan yang berlawanan arah tiba-tiba muncul.
 4. Pastikan kendaraan yang berlawanan arah cukup jauh dan cukup waktu bagi Anda kembali pada jalur kiri setelah mendahului.
 5. Nyalakan sign kanan sebelum mendahului dan nyalakan lampu dim beberapa kali agar kendaraan didepan Anda mengetahui bahwa Anda minta jalan terutama mendahului bus & truck, nyalakan sign kiri setelah mendahului
6. Pastikan kondisi dibelakang kendaraan Anda aman atau tidak ada kendaraan lain yang mencoba mendahului kendaraan Anda sebelum bermanuver.
7. Jangan mendahului pada jalur kiri karena sangat berbahaya.
8. Jangan mendahului pada jalur menanjak dan berkelok karena pengawasan Anda terhadap jalur yang berlawanan sangat minim.
 9. Mendahului hanya pada jalur yang dianjurkan hal itu ditandai dengan pembatas jalur dengan garis marka terputus
10. Jaga jarak dengan kendaraan didepan Anda ketika hendak mendahului
11. Hati-hati pada pengendara sepeda motor saat melakukan manuver
12. Jangan mengikuti kendaraan didepan Anda yang mendahului kendaraan lain karena berbahaya bukan saja bagi Anda tetapi juga bagi kendaraan yang akan Anda lalui dan kendaraan yang berlawanan arah yang tiba-tiba muncul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar