Senin, 07 Januari 2013

TIPS MERAWAT INTERIOR MOBIL AGAR CANTIK

1. Dashboard
Buatlah campuran air dan sabun cair secukupnya. Kemudian gosoklah permukaan dashboard dengan lembut dan merata. Jangan menekan terlalu keras karena kemungkinan akan membuat dashboard terbaret halus. Lalu segera lap dengan kain basah agar busa sabun tidak mengering dan menimbulkan flek. Jika sedang parkir, carilah tempat teduh atau gunakan pelindung untuk menutupi bagian kaca mobil guna melindungi dashboard dari sengatan matahari. Pasalnya, sinar matahari yang masuk akan bertambah dua kali lipat suhunya dibanding suhu luar yang bisa menyebabkan dashboard retak-retak. Seain itu, lebih baik gunakan kaca film bertipe clear/bening untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin.

2. Plafon
Jangan menggunakan air secara berlebihan saat membersihkan plafon mobil dan digosok dengan lap yang terlalu basah. Sebab, konfigurasi plafon yang berlapis-lapis dan terdiri dari beragam material membutuhkan perawatan yang khusus. Perlu diketahui, lapisan paling luar plafon berbahan sejenis kain wool dan bila terkena air, lapisan paling di atas wool merekat akan menjadi lembab. Jika terjadi kelembaban berlebihan akan menimbulkan bau yang akan mengganggu kenyamanan kabin. Selain itu, kelembaban juga berpotensi menimbulkan jamur. Segera lap plafon daerah yang telah disikat dan disabuni. Hindari juga mengeringkan menggunakan vacuum cleaner karena bisa menarik plafon dan bisa menimbulkan efek gelembung.

3. Jok dan Trim
Bila berbahan fabric, akan lebih mudah lembab di musim hujan. Untuk menjaganya tetap kering, gunakan vacuum cleaner dan hindari hair dryer. Panas yang dihasilkan pengering rambut ini dapat merusak kontur busa jok, sehingga menyebabkan busa mengeras. Lakukan juga pelumasan pada rel jok dan engsel pintu. Gunakan gemuk berjenis non-alkali agar tidak berbau.

4. Karpet
Bersihkan karpet mobil sesering mungkin, terutama karpet depan. Karena diatas karpet depan itulah lubang hisap udara kabin AC berada. Jika karpet depan kotor, maka debu akan terhisap oleh blower sehingga AC akan tercampur dengan bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkannya, semprotkan anti-bacterial treatments pada karpet dan lubang hisap AC. Cara membersihkannya, gunakan vacuum cleaner terlebih dahulu agar kotoran ringan terangkat. Lalu gosokan air sabun dan segera lap dengan kain basah. Saat menggosok menggunakan sikat, lakukanlah searah, jangan bolak-balik, untuk mencegah kusutnya bulu halus di karpet, terutama bagian karpet list. Waspadai jika karpet selalu basah, karena kondisi lembab akan membuat karpet kehilangan daya rekat terhadap peredam atau lantai.


SUMBER:http://www.oktomagazine.com/arsip/2996/merawat.interior.mobil.agar.cantik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar