Selasa, 05 Maret 2013

TIPS MENCUCI KENDARAAN

1. Disarankan mencuci kendaraan anda saat dalam keadaan dingin, misalnya di pagi hari atau di sore hari. Tujuannya adalah untuk menghindari sinar Matahari yang terlalu kuat, karena panas terik Matahari menyebabkan bercak bekas air dipermukaan cat kendaraan anda dan akhirnya cat menjadi cepat rusak.

2. Siapkan peralatan seperti : Kemoceng, Ember, Shampo kendaraan, Busa spon untuk bodi, Busa spon untuk roda, Kuas halus, Sikat, Lap Kulit atau Kanebo, Semir ban dan Pengkilap Dashboard bila ada. Siapkan pula alat penyedot debu (Vacum cleaner).

3. Bersihkan dahulu bodi kendaraan anda dengan menggunakan Kemoceng atau Bulu Ayam, tujuannya adalah agar partikel-partikel atau debu yang menempel di bodi kendaraan hilang. Karena debu-debu berupa Pasir akan merusak cat pada saat anda menggosoknya dengan Busa spon.

4. Mencuci dimulai dari bagian bawah kendaraan. Semprotkan dengan air pada bagian bawah kendaraan, bila ada gunakan Jet Cleaner terutama untuk bagian di sekitar roda agar kotoran-kotoran seperti Lumpur, Tanah, Aspal dan lain-lain lepas. Kemudian gosok dengan menggunakan Busa spon dan sikat (usahakan Busa spon untuk bagian bawah kendaraan tidak digunakan juga untuk bodi kendaraan).

5. Pastikan bagian bawah kendaraan anda seperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper sudah bersih. Gunakan Busa spon untuk bagian akhir pembersihan ini.

6. Setelah bagian bawah selesai dibersihkan, cucilah bagian atas kendaraan yaitu dengan cara membasahinya terlebih dahulu yang dimulai dari atap. Semprotkan air ke seluruh bodi kendaraan, tujuannya adalah agar kotoran, debu dan partikel hilang dibawa air dan juga kotoran-kotoran yang menempel menjadi lebih lunak bila terkena air.

7. Ambil Ember, Shampo kendaraan secukupnya dan campurkan air secukupnya, gunakan Busa spon untuk mencuci yang dimulai dari bagian atas kendaraan dengan gerakan selalu memutar. Lakukan sampai ke seluruh bagian bodi kendaraan tanpa kecuali.

8. Setelah seluruh bodi kendaraan sudah selesai diberikan Shampo, segeralah bilas (semprot dengan air) sampai bersih dan keringkan dengan menggunakan lap kulit atau kanebo. Jangan biarkan terlalu lama Shampo ataupun air menempel pada bodi kendaraan anda, sebab bila mengering akan menimbulkan bercak pada cat kendaraan anda.

9. Ambil Vacum Cleaner dan sedot debu-debu dimulai dari bagian atas yaitu Dashboard, permukaan Jok serta interior lainnya dan terakhir pada lantai-lantainya. Tidak lupa Bagasi juga perlu dibersihkan juga.

10.Ambil cairan pengkilap Dashboard dan oleskan pada seluruh bagian Dashboard secara merata dengan menggunakan kuas halus, kemudian ambil Semir ban. Lakukan hal yang sama untuk seluruh bagian ban dengan menggunakan kuas yang lain.

SUMBER: http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=132:tips-mencuci-kendaraan&catid=14&Itemid=270

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar