Selasa, 05 Maret 2013

TIPS GEJALA AKI MULAI SOAK

1. Fisik Aki
Fisik Aki (bagian luar), jika menggembung tanda adanya elemen sel yang rusak karena air aki habis atau sudah akan habis usia pakainya. Bisa juga dikarenakan meningkatnya gas hidrogen akibat pengisian listrik yang berlebihan. Sebisa mungkin jangan menunda penggantian untuk menghindari aki meledak.
Fisik Aki (bagian dalam), jika susunan selnya sudah tidak rapi, pada rontok, menggembung atau melengkung tidak lurus seperti seharusnya itu tandanya elemen sel sudah mulai rusak. Waspadalah untuk segera melakukan penggantian Aki sebelum kendaraan anda bermasalah.

2. Suara mesin
Mesin terasa pincang atau ndut-ndutan (terutama untuk mesin injeksi) seperti kerusakan pada pengapian. Untuk mengetahui apakah Aki sudah mulai rusak, arahkan Kendaraan ke dinding atau tembok dan nyalakan lampu besar. Jika cahayanya redup dibandingkan biasanya, berarti kondisi Aki sudah tidak bagus.

3. Listrik hilang
Mesin tidak bisa dihidupkan, apalagi jika Kendaraan sudah menginap lebih dari satu hari. Hal ini dikarenakan Aki tidak bisa menyimpan listrik terlalu lama sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memutar dinamo starter.

4. Indikator Aki
Ada beberapa Aki yang memiliki Indikator, akan tetapi secara umum Indikator tersebut tidak dapat digunakan sebagai tolok ukur yang akurat. Warna indikator tersebut belum tentu mewakili kondisi dari ke enam sel di dalamnya. Biasanya indikator tersebut merupakan visualisasi kondisi sel tertentu saja. Jika Aki sudah soak, maka Aki tidak bisa disetrum ulang karena sel sudah tidak bisa dipakai lagi atau tidak dapat menyimpan listrik lagi.

sumber: http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=151:tips-gejala-aki-mulai-soak&catid=14&Itemid=290

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar