Selasa, 05 Maret 2013

TIPS MOBIL JARANG PAKAI

1. Rem tangan.
Janganlah membiarkan Rem tangan kendaraan anda masuk (dalam kondisi ditarik) karena untuk jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, terutama kendaraan yang memiliki tromol pada roda belakang.

2. Wiper.
Angkat gagang Wiper agar tidak bersentuhan dengan kaca kendaraan anda, karena apabila hal ini dibiarkan terlalu lama maka karet Wiper secara perlahan akan mengeras dan tidak lentur (elastis). Akibatnya karet tersebut menjadi mati dan kasar, sehingga pada saat dipergunakan untuk membasuh kaca menjadi tidak bersih dan bahkan dapat merusak permukaan kaca.

3. Roda / Ban.
Usahakan ke empat ban kendaraan anda dalam kondisi terangkat (tidak menempel ke lantai). Caranya adalah dengan mengangkatnya menggunakan dongkrak dan stand-jack. Tujuannya supaya suspensi kendaraan tetap terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan anda. Kendaraan yang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama biasanya suspensinya menjadi tidak stabil (keras), sehingga pada saat dikendarai kendaraan menjadi terasa tidak nyaman.

4. Batterey / Aki.
Lepaskan Aki kendaraan anda bila memang akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup panjang (lebih dari dua minggu lamanya). Bila kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih, akan sangat berpengaruh pada keawetan aki. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah bila dirumah anda ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk memanaskan kendaraan anda secara periodik karena dengan demikian Aki tidak perlu dilepas.

5. Muatan / Bagasi.
Keluarkan barang-barang yang mungkin ada di dalam kendaraan anda yang dirasa tidak begitu penting. Tempat sampah harus dibersihkan, juga interior kendaraan anda juga harus dalam keadaan bersih seperti karpet-karpet dan lain-lain. Keluarkan benda dengan aroma menyengat bila mungkin ada, cairan dan lain sebagainya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Tutup kaca jendela rapat-rapat agar debu tidak masuk atau mungkin menghindari binatang bisa masuk.

6. Tempat Simpan kendaraan anda pada tempat yang aman dan nyaman.
Upayakan permukaan lantai tidak miring dan hindarkan dari terik langsung sinar Matahari karena akan merusak Cat. Hindarkan parkir di tempat terbuka atau rawan hujan karena juga akan mengakibatkan cat menjadi rusak karena Jamur.


SUMBER:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=125&Itemid=262

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar