Minggu, 16 Desember 2012

TIPS MENJAGA SUHU KABIN MOBIL SAAT MUSIM PANAS

1. Tempatkan Mobil di tempat yang teduh dan sejuk.
Parkir di tempat yang teduh membuat mobil terhindar dari radiasi panas dan sinar ultraviolet. Jangan parkir di tempat kena sinar matahari secara langsung, misal di bawah pohon yang rindang atau di dalam parkiran gedung. Dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh secara tidak langsung, sobat akan mengurangi penggunaan AC.
2. Bukalah sedikit kaca mobil.
Bukalah kaca mobil setinggi 5-10 cm. Dengan membuka kaca, aliran udara dalam mobil menjadi seimbang. Suhu panas yang ada di dalam kabin akan segera terbuang melalui lubang kaca mobil tersebut.
3. Gunakan kaca film.
Kaca film ternyata dapat mengatur suhu panas dan sinar ultraviolet yang hendak masuk ke dalam mobil. Penulis menyarankan untuk menggunakan kaca film dengan merek yang bagus yang benar-benar memberi perlindungan dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa perhatikan juga tingkat kegelapannya, semakin gelap tidak baik untuk mobil.
4. Nyalakan AC apabila mobil di parkir pada tempat yang panas.
Jika sobat memarkir mobil di tempat yang tidak teduh atau panas, sebaiknya sobat menyalakan AC dan membuka sedikit kaca untuk pergantian udara.
5. Gunakan pelindung kaca.
Pelindung kaca depan juga dapat mengurangi panas yang berlebihan dalam dashboard depan. Sebaiknya gunakan bahan atau kain berwarna terang untuk melindungi dashboard serta kemudi mobil.
6. Gunakan jok kulit kualitas tinggi.
Jok kulit dengan kualitas tinggi akan menyerap lebih banyak panas. Sobat Pusat Teknologi akan merasa nyaman duduk di atas jok walaupun udara di luar panas.
7. Selalu cek level cairan pendingin.
Jika level cairan pendingin coolant pada mobil berkurang, segera tambahkan cairan hingga penuh.

SUMBER:http://www.suzuki-bandung.com/tips-a-trik/31-tips-menjaga-suhu-kabin-mobil-di-saat-musim-panas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar