Jumat, 21 Desember 2012

TIPS MERAWAT MOBIL SENDIRI

1. Mesin
Ganti sabuk mesin anda (Timming belt) tiap 25 ribu kilometer. Pastikan Belt ini masih bagus, tidak aus, tidak keras atau bahkan rusak karena Belt ini kedudukannya sangat penting di dalam mesin. Bila sampai putus mengakibatkan kerusakan mesin yang sangat parah.
2. Oli dan Radiator
Tidak kalah penting periksa juga level Oli karena Oli adalah pelumas mesin, bila sampai kurang sangat berbahaya. Periksa juga apakah kekentalan Oli tersebut masih bagus, bila sudah mulai kotor (hitam) segera lakukan penggantian. Penggantian Oli biasanya setiap 4.000 kilometer.
3. Cairan di dalam Radiator (pendingin)
mesin adalah hal yang sangat penting. Bila sampai kurang maka bisa-bisa mesin anda akan mengalami kepanasan dan rusak. Jika memang berkurang hati-hatilah, segera lakukan periksa juga badan Radiator apakah ada rembesan atau bekas air yang sudah mengering. Biasanya disitu ada kebocoran dan segeralah lakukan perbaikan.
4. Bahan bakar (BBM)
Periksa bahan bakar, lihatlah pada panel kontrol apakah cukup bahan bakarnya. Bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi belum tentu menjamin kekuatan mesin. Sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai tipe mobil anda. Jika di dalam petunjuknya memang dinyatakan "premium" maka gunakanlah bahan bakar yang sesuai.
5. ACCU (Elektrikal)
Periksalah Accu kendaraan anda (terutama accu basah), apakah airnya cukup (lihatlah level pada body accu tersebut) batas minimal dan batas maximumnya dan tambahkan bila memang kurang. Perhatikan juga kepalanya, apakah bersih atau sudah kotor. Bila kotor bisa dihilangkan dengan cara disiram dengan air panas. Bila anda ingin memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, sebaiknya putuskan dulu aliran listriknya dari sumber tegangan (putuskan aliran aki).
6. Lampu (Lampu Sen dan Lampu Besar)
Periksalah lampu-lampu kendaraan anda secara periodik dengan cara menyalakan satu persatu. Bila salah satu lampu sen anda berkedip lebih cepat dari biasanya, berarti ada salah satu lampu yang mati. Lampu ini mudah diganti sendiri, anda bisa membeli di toko otomotif terdekat. Periksa juga lampu jauh dan lampu dekat, apakah semuanya berfungsi dengan baik. Bila anda ingin menggantinya sendiri jangan pernah menyentuh menyentuh pada bagian kacanya. Tangan anda akan menyisakan minyak dan lemak. Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam. Sehingga, bohlam bisa pecah ketika anda menyalakan lampu.
7. Lampu panel kontrol (Warning Lights)
Walaupun terlihat kurang begitu penting, warning lights yang ada di panel dashboard harus tetap terjaga perawatannya. Lampu seperti indikator bensin, aki, atau panasnya mesin, hal ini sangat membantu anda dalam perawatan.
8. Rem
Periksalah rem secara berkala (baik rem kaki ataupun rem tangan), bila kurang nyaman atau kurang pakem segera bawalah ke bengkel langganan anda untuk dilakukan perbaikan atau setel ulang.


SUMBER:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=117&Itemid=219

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar