Sabtu, 24 November 2012

3 Tips Cara Merawat Mesin Mobil di Musim Hujan

1.Wiper
 Saat hujan datang, penghapus kaca ini memegang peran penting. Pandangan Anda saat mengemudi tidak akan terhalangi jika wiper berfungsi. Lakukan pengecekan dan pastikan fungsinya untuk membersihkan kaca dari guyuran air hujan dan mengurangi embun yang menempel di kaca depan berjalan normal.Masalah kelistrikan sampai kerusakan mekanik bisa menyebabkan wiper bergerak lambat atau macet. Penyebabnya bisa dari poros engkol macet, putusnya aliran listrik, matinya hubungan roda gigi pada wiper, sekering putus, tuas yang rusak, atau kerusakan motor listrik.Anda harus memeriksa hubungan antara poros wiper dan batang penggerak. Termasuk motor penggerak. Kondisi penampung air penghapus kaca juga jangan lupa dicek. Karena piranti ini tidak memiliki saringan, kebersihan airnya harus selalu terjaga. Sebelum mengisi, lakukan pengurasan.
2.Rem
Keselamatan Anda bertumpu pada rem!! Lakukan secara rutin perawatan rem. Periksalah kampas, cakram, tromol, sampai minyak rem dan master rem. Belilah onderdil yang baru jika kampas menipis.Setelah mobil melaju melalui genangan, rem pun perlu dirawat. Untuk melepaskan pasir yang menempel di sekitar kaliper, semprotkan saja air di sekitar kaliper, cakram dan kampas. Komponen yang terkena pasir akan terkikis akibat karat. Cairan brake cleanser bisa Anda gunakan untuk perawatan jangka panjang.
3.Kelistrikan
Musim penghujan membuat fungsi kelistrikan rawan rusak. Bisa saja terjadi korosi pada kabel dan soket. Periksalah soket-soket mobil Anda apakah kemasukan air atau tidak. Jika terkena air, semprotkan cairan penetran pada ujung-ujung terminal. Korosi pada terminal dalam soket pun bisa dihindari. Setelah disemprot penetran, bagian buritan harus ditutup, bukan hanya sambungan kabel soket.

sumber:http://www.tdwclub.com/showthread.php?609-3-Tips-Cara-Merawat-Mesin-Mobil-di-Musim-Hujan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar