Senin, 26 November 2012

TIPS MERAWAT BAN KENDARAAN ANDA

1. janganlah menunggu hingga Ban rusak, karena sangat berbahaya bagi pengendara serta penumpangnya. Bila Ban sudah mulai gundul, terlihat benang pengamannya atau mungkin sisi (samping) terlihat pecah-pecah atau retak-retak segeralah lakukan penggantian Ban Kendaraan Anda.
2. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan Ban Kendaraan anda, paling sedikit sekali dalam sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan mudah panas karena gesekan yang besar dengan Aspal, sehingga berakibat cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan pengemudi. Anda harus hapal terhadap tekanan yang proporsional dari Ban Kendaraan Anda. Ukuran tekanan bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk kepemilikan kendaraan. Untuk mendapatkan pengukuran yang valid periksalah Ban saat suhunya dingin. Jika Kendaraan Anda habis menempuh perjalanan jauh tunggulah kurang lebih selama tiga jam.
3. Rambut Ban bisa digunakan sebagai alat bantu penunjuk bahwa Ban Kendaraan Anda masih bagus ataukah sudah mulai gundul. Bila rambut Ban masih panjang-panjang biasanya Ban masih dalam kondisi baik, akan tetapi apabila rambutnya sudah pendek-pendek atau bahkan rontok menandakan bahwa Ban sudah mulai tipis, maka harus diperiksa lebih seksama, mungkin saatnya bagi Anda untuk segera mengganti ban Kendaraan.
4. Hindari lubang di jalanan. Jagalah Ban Kendaraan Anda dari lubang di jalan atau kalau memungkinkan jalanlah secara pelan-pelan agar tidak menimbulkan goncangan secara keras. Lubang yang terlalu besar tidak hanya bisa merusak Ban Kendaraan, akan tetapi juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban Kendaraan.
5. Pastikan Anda untuk selalu menukar Ban Kendaraan Anda antara Ban yang ada di depan dengan Ban yang ada di belakang setiap 6.000 mil pemakaian, hal ini bertujuan untuk menyeragamkan kondisi seluruh Ban dan mempertahankan masa pakai Ban menjadi lebih lama.
6. Jangan mengendarai Kendaraan dengan Ban tanpa penutup pentil. Mengemudikan Kendaraan dengan Ban yang tanpa menggunakan penutup pentil bisa menyebabkan kebocoran udara dari dalam Ban dan bisa mengakibatkan Ban kekurangan tekanan secara cepat.
7. Periksalah keseimbangan atau balance dari Ban Kendaraan Anda secara periodik (lakukan Balancing dan Spooring), untuk menghindari putaran Ban yang tidak stabil.Hal ini akan sangat terasa pada saat Anda mengendarai Kendaraan dengan kecepatan yang cukup tinggi.
8. Lakukan penyemiran Ban secara rutin, dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa dengan penyemiran rutin Ban Kendaraan Anda akan lebih tahan lama (awet). Karena Ban akan menjadi lebih kenyal (tidak getas atau tidak mudah retak).
9. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh Kendaraan Anda. Jika muatan melebihi dari kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada Ban Kendaraan Anda dan itu bisa sangat membahayakan.


SUMBER:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=146&Itemid=291

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar