Selasa, 27 November 2012

TIPS MERAWAT CAKRAM REM

1. Minyak Rem
Yang harus diperhatikan adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem, saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus diganti atau dibersihkan setelah kendaraan menempuh jarak sejauh kurang lebih 10.000 km. Perhatikan bagian tangki cadangan minyak rem ini dengan seksama dan jangan dibiarkan kosong.

2. Kampas Rem
Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila kampas rem kotor bersihkan dengan amplas / sikat / kuas untuk membersihkannya. Semakin bersih kampas rem, semakin baik fungsinya. Berikan gemuk / pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.

3. Penggantian Berkala
Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak diganti setiap mencapai jarak tempuh 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20.000 - 25.000 km (otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua minggu sekali.


SUMBER:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=126:tips-merawat-cakram-rem&catid=14&Itemid=263

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar