Selasa, 13 November 2012

Tips Mengganti Aki Kendaraan

1.Pastikan kalau baterai atau aki Kendaraan anda memang sudah perlu untuk dilakukan penggantian aki. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi penggantian yang mubazir atau belum pada saatnya. 2.Membeli baterai aki pengganti sebaiknya adalah yang sesuai dengan aki lama, karena ukuran aki juga sangat berpengaruh terhadap komponen di dalam Kendaraan.
3.Sebelum melakukan penggantian aki, perhatikan kondisi lingkungan di sekitar seperti parkirkan kendaraan di medan yang rata.
4.Siapkan peralatan seperti kunci 10 (yang sesuai), Tang dan Kain lap. Buka kap mesin Kendaraan dan perhatikan lokasi baterai Kendaraan anda.
5.Identifikasikan terminal aki tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui mana terminal positif dan negatif dari Kendaraan itu sendiri.
6.Renggangkan klem baterai dengan menggunakan kunci dan lepaskan kabel negatif terlebih dahulu. Jika sebaliknya, akan mengakibatkan loncatan api bila alat pembukanya terkena bodi kendaraan atau terkena bagian negatifnya.
7.Lepaskan bracket baterai bagian atas dan keluarkan baterai secara tegak lurus, untuk mencegah tumpahnya cairan elektrolit yang ada di dalam aki.
8.Setelah baterai yang baru ditempatkan pada tempatnya (seperti pada posisi sebelumnya), pasanglah bracket atas dan kencangkan secukupnya.
9.Hubungkan klem kabel pada terminal Positif terlebih dulu. Baru kemudian pasangkan klem kabel pada terminal Negatif. Jika klem kabel tidak dapat terpasang dengan pas, janganlah memukul terminal aki tertalu keras karena plat elektrode bisa rusak.
10.ada baiknya oleskan pada terminal baterai dengan minyak gemuk, untuk mencegah timbulnya karat. sumber:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=182&Itemid=315

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar