Senin, 26 November 2012

TIPS AMAN BERKENDARA

1. Parkir
Pilih tempat parkir yang mudah dilihat orang atau terpantau oleh petugas. Orang-orang yang suka iseng akan lebih sungkan untuk melakukan tindak kejahatan bila ada petugas yang lalu-lalang.
2. Struk Parkir
Jangan meninggalkan struk parkir di dalam kendaraan anda. Pencuri akan lebih mudah membawa kendaraan anda ke luar area parkir karena mempunyai pass-nya sehingga orang jahat akan sangat leluasa meninggalkan area parkir tanpa hambatan.
3. Kunci Meninggalkan kendaraan di tempat parkir
pastikan semua pintu sudah terkunci dan juga jendela tertutup rapat. Bila perlu gunakan juga kunci tambahan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali semua pintu pada saat anda akan meninggalkan kendaraan anda, untuk memastikan bahwa semua pintu telah terkunci dengan benar.
4. Dalam perjalanan
Jangan pernah membuka kaca jendela kendaraan, kecuali laju kendaraan anda cukup kencang. Kebiasaan tersebut banyak dilakukan bagi yang hoby merokok, atau mungkin udara di dalam yang panas karena AC kendaraan bermasalah sehingga harus membuka kaca untuk mendapat udara segar. Kaca kendaraan yang terbuka kerap mendorong orang untuk berniat jahat atau melakukan penodongan.
5. Barang berharga
Jangan meletakkan barang-barang berharga anda di tempat terbuka (seperti di atas Dashboard, di atas jok, dll), baik pada saat parkir ataupun saat berkendara. Usahakan agar barang-barang seperti : HP, Dompet, Uang (walaupun uang receh) ditempatkan dalam tempat tertutup sehingga tidak dapat dilihat oleh orang lain dari luar kendaraan.
6. Merasa tidak aman
Bila anda merasa tidak aman atau merasa ada orang yang sedang membuntuti, usahakan tetap tenang, janganlah berhenti di tempat yang sepi dan usahakan agar kendaraan anda tetap dalam kondisi berjalan karena bila tidak hal itu dapat membahayakan keselamatan anda. Bila anda mengetahui area sekitar ada pos-pos keamanan atau kantor Polisi masuk saja dan berhenti sejenak untuk beberapa saat.
7. Bela Diri
Tidak ada salahnya membawa alat-alat pengaman untuk membela diri yang bisa digunakan dalam keadaan darurat, terutama pada saat perjalanan jauh. Seperti kunci roda, obeng, kunci inggris, tongkat baseball juga dapat berguna untuk membela diri saat anda terpaksa harus mempertahankan diri dari penjahat.



SUMBER:http://tokoaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=130&Itemid=268

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar